Selasa, 04 Agustus 2015

Object Wisata Potensial

Di tempat wisata Taman Nasional Bromo Tengger Semeru ada banyak object wisata yang harus dikunjung terkecuali Gunung Bromo, salah satunya yaitu :
1. Kaldera Tengger

Dengan cara literatur, Kaldera yaitu suatu feature vulkanik yang terbentuk dari jatuhnya tanah pasca letusan vulkanik pada gunung berapi. Kata Kaldera atau Caldera, diambil dari bhs Spanyol yang bermakna Wajan. Hal semacam ini menuturkan bahwa kaldera mempunyai bentuk yang cekung serta dalam, mirip suatu danau. Pada lokasi komplek pegunungan Tengger, ada kaldera yang sangatlah luas dengan diameter 8-10 Km, serta dinding dari kaldera itu melingkari suatu lautan pasir. Diantara lautan pasir itu, terhampar sebagian pegunungan di tengahnya, yakni, Gunung Bromo, Gunung Batok, Gunung Widodaren, Gunung Watangan serta Gunung Kursi. Dinding pada kaldera yang melingkari lautan pasir itu sangatlah terjal serta mempunyai kemiringan 60-80 derajat, dengan tinggi seputar 200-600 m.

Pada awalnya, Gunung Tengger adalah gunung yang paling besar serta paling tinggi saat itu. Waktu berlangsung letusan kecil pada gunung Tengger, ada materi vulkanik yang terlempar serta membuat lembah yang besar. Dari letusan itu terwujudlah suatu kaldera. Dengan kedalaman kaldera waktu itu, materi vulkanik dari letusan itu tertumpuk serta jadi lautan pasir. Di sangka, kaldera yang terbentuk pernah terisi oleh air serta yang menyebabkan ada kesibukan kelanjutan dengan timbulnya lorong magma di dalam kaldera serta membuat gunung-gunung baru seperti Gunung Widodaren, Gunung Watangan serta Gunung Kursi, Gunung Batok serta Bromo.
2. Sumur Pitu

Kawah ini terdapat diantara lautan pasir, dari jauh terlihat seperti tumpukan batu bata. Orang-orang setempat menyebutkan kawah itu dengan Sumur Pitu atau Tujuh Sumur. Dengan cara Geologi, kawah ini terbentuk dari letusan lahar gunung Kursi.
3. Gunung Bromo

Gunung Bromo, adalah gunung berapi yang masih tetap aktif serta yang paling populer di Jawa Timur dengan kunjungan yang paling ramai tiap-tiap tahunnya. Gunung Bromo mempunyai ketinggian 2. 392 Mtr. dari atas permukaan laut serta ada dalam empat lingkup kabupaten, yakni Probolinggo, Pasuruan, Lumajang serta Kabupaten Malang. Situasi alam gunung Bromo bertautan juga dengan lembah, ngarai, caldera atau lautan pasir dengan luas seputar 10 Km.

Gunung Bromo juga termasuk juga dalam satu lokasi Bromo Tengger Semeru National Park, di mana ada banyak object wisata yang dapat dikunjungi seperti, Gunung Semeru, Gunung Tengger, Gunung Batok, sebagian danau serta Gunung Bromo sendiri. Juga sebagai gunung berapi yang masih tetap aktif, Gunung Bromo sudah alami letusan dengan interval saat yang teratur dalam 20 era ini, yaitu seputar 30 th. sekali. Letusan paling besar berlangsung pada th. 1974 serta kembali meletus di th. 2010.

Gunung Bromo memiliki suatu kawah dengan garis tengah seputar 800 mtr. yang terbentang dari utara ke selatan, serta 600 mtr. dari timur ke barat. Sedang daerah bahayanya berbentuk lingkaran dengan jari-jari 4 km dari pusat kawah Bromo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar